Eksistensi Organisasi Kampus Dalam Menciptakan Mahasiswa Yang Berkualitas Dalam Bidang Kepemimpinan

Oleh Sri Wahyuni
(Mahasiswa Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo Surabaya, Bidang Sie SKI)

 

Setiap kampus pasti mempunyai organisasi didalamnya yang digerakkan oleh mahasiswa-mahasiwa yang aktif dan menjadi wadah besar bagi setiap mahasiswa untuk dapat membuka cakrawala berfikirnya  demi pengembangan pribadi dalam organisasi. Sebuah proses pendidikan telah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka mahasiswa yang masih haus akan ilmu pengetahuan baik yang bersifat umum maupun bersifat khusus.

STIKES Yayasan Rumah Sakit Dr.Soetomo Surabaya mempunyai sebuah organisasi didalamnya khusus untuk mahasiswa-mahasiswa yang berminat, SEMA(senat mahasiswa)begitulah kira-kira panggilan atau sebutan bagi nama organisasi atau BEM di kampus tersebut. Sema merupakan lembaga kemahasiswaan yang menjalanakan organisasi serupa pemerintahan(lembaga eksekutif). Di pimpin oleh ketua/presiden senat itu sendiri yang dipilih melalui pemilu mahasiswa setiap tahunnya.

Dibentuknya senat mahasiswa tentunya pasti ada tujuan-tujuan yang hendak di capai, Senat Mahasiwa berfungsi untuk menampung aspirasi atau keluhan yang disampaikan kepada Direkto Pelayanan kegiatan mahasiswa serta membantu jalannya UKM yang aktif dengan saling interaksi antara anggota Senat dengan masing-masing pengurus UKM agar komunikasi tetap terjaga dengan baik antara satu dengan yang lain. Tugas dari Senat Mahasiswa ialah menyerap dan merumuskan aspirasi mahasiswa, menyusun program kerja Senat Mahasiswa, mengkoordinir penyusunan kerja UKM  dan bertuga untuk melaporkan di setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Anggota senat mahasiswa merupakan wakil-wakil yang dipilih oleh mahasiswa dari masing-masing jurusan, di kampus tercinta ini terdapat dua prodi. Yang pertama ada prodi S1 Administrasi Rumah Sakit dan D3 Rekam Medis. Semua berkecipung menjadi satu lewat Senat Mahasiswa yang mempunyai tujuan bersama dengan kerja sama dan usaha yang keras pula, berorganisasi mempunyai banyak manfaat bagi kami. Selain kami bisa mendapatkan ilmu yang formal di bangku perkuliahan kami juga bisa sambil belajar bagaimana menghadapi situasi kerja dan suasana yang berbeda di tambah dengan orang dan karakter yang berbeda pula.

Dalam sebuah organisasi juga diajarkan bagaimana caranya kita memimpin bawahan yang mempunyai karakter berbeda, tentunya sulit bagi kita jika tidak pernah masuk dalam dunia organisasi. Meskipun nantinya kita tidak bisa menjadi seorang  pemipin setidaknya kita sudah tahu bagaimana cara berorganisasi dan cara bersikap ketika sudah berkumpul dengan orang banyak sehingga membuat kita terbiasa dan tidak kaku ketika sudah bekerja.

Maka dari itu mulai sekarang jangan takut untuk mengikuti organisasi apapun terutama organisasi yang ada di kampus karena mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi kita, seperti pepatah mengatakan bahwa waktu tidak akan pernah kembali dan kesempatan tidak akan datang untuk yang keduali kali, So jangan sia-siakan waktu kalian dari sekarang. Mari berorganisasi!!

2 thoughts on “Eksistensi Organisasi Kampus Dalam Menciptakan Mahasiswa Yang Berkualitas Dalam Bidang Kepemimpinan”

Leave a Comment

Your email address will not be published.